Monday 29 June 2015

Kumpulan Kode pemrogramman HTML Lengkap


HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. HTML merupakan file teks yang ditulis menggunakan aturan-aturan kode tertentu untuk kemudian disajikan ke user melalui suatu aplikasi web browser. Setiap informasi yang tampil di web selalu dibuat menggunakan kode HTML. Oleh karena itu, dokumen HTML sering disebut juga sebagai web page (halaman web). Untuk membuat dokumen HTML, kita tidak tergantung pada aplikasi tertentu; karena dokumen HTML dapat dibuat menggunakan aplikasi Text Editor apa pun, bisa Notepad (untuk lingkungan Linux), dan sebagainya.
Agar lebih mempermudah dalam pembuatan dokumen HTML, sekarang telah banyak tersedia aplikasi HTML Editor, yaitu suatu aplikasi Text Editor yang dikhususkan untuk pembuatan kode-kode HTML.
Kode HTML dari suatu halaman web dapat kita lihat dari aplikasi web browser yang kita gunakan, yaitu dengan cara memilih menu View-Source (untuk Internet Explorer) dan View-Page Source (untuk Mozilla Firefox).
Penamaan Dokumen HTML
Tidak ada aturan yang baku untuk penamaan suatu dokumen HTML. Artinya, kita bebas memilih nama untuk dokumen tersebut. Hanya ekstensinya saja yang perlu untuk diperhatikan. Suatu file teks akan dianggap sebagai dokumen HTML jika memiliki ekstensi “.htm” atau “.html”.
Kerangka Dokumen HTML
Secara umum, dokumen HTML terbagi atas dua bagian, yaitu bagian header (kepala) dan body (badan). Bagian header diawali dengan tag <head> dan diakhiri dengan tag </body>. Kedua bagian tersebut diapit oleh tag <html> dan </html>, yang digunakan untuk menandai bahwa dokumen yang kita buat adalah dokumen HTML. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kerangka dari dokumen HTML.
<html> <!-- Tag untuk memulai dokumen HTML -- >
<!-- Bagian header -- >
<head>
  <title>Judul halaman</title>
</head>

<!-- Bagian body -- >
<body>
Informasi yang akan ditampilkan pada web browser harus ditulis dalam bagian ini.
</body>
</html> <!--Tag untuk mengakhiri dokumen HTML -- > Lanjut Klik disini...

0 comments:

Post a Comment