Monday 29 June 2015

Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrogramman Website dinamis



Sintaks Program PHP
Hypertex Preprocessor (PHP) adalah skrip yang berjalan dalam server side yang ditambahkan dalam HTML, PHP adalah bahasa yang dirancang untuk mudah diletakkan di dalam kode HTML. Banyak dijumpai kode PHP yang menyatu dengan kode HTML. Kode PHP diawali dengan tag <?php dan diakhiri dengan tag ?>. Apabila kita melakukan konfigurasi terhadap file php.ini untuk mengizinkan penggunaan tag pendek (short tag) dengan mengubah nilai short_open_tag menjadi On, maka tag tersebut dapat diganti dengan <? Dan ?>. Dalam PHP 5, nilai default dari short _open_tag adalah Off. Selain itu, PHP kita juga dapat menggunakan tag gaya ASP, <% dan %>, dengan mengubah nilai asp_tags dalam file php.ini menjadi On. Dalam modul ini, kita akan tetap menggunakan tag <?php dan ?> untuk menulis kode-kode PHP.
Berikut ini contoh kode PHP yang sangat sederhana.
<?php
      Echo “Hello World!”;
?>
Perintah echo di dalam PHP berguna untuk mencetak nilai, baik teks maupun numerik, ke layar web browser. Selain echo, kita juga dapat menggunakan perintah print, sehingga kode di atas dapat juga ditulis seperti berikut.
<?php
     Print “Hello World”;
?>
Echo dan print juga memiliki bentuk penulisan yang lain, seperti layaknya pemanggilan fungsi. Berikut ini bentuk lain tesebut.
<?php                                           
     echo (“Hello World!”) ;                // mencetak teks “Hello World! ”
     echo (1) ;                                      // mencetak angka 1
     print (“Hello World!”) ; //  mencetak teks “Hello World! “
     print (100) ;                                //  mencetak angka 100
?>

0 comments:

Post a Comment