Sunday 29 November 2015

Cara Membuat Database SQLite pada Eclipse di Aplikasi Android

Membuat Database SQLite pada Eclipse di Aplikasi Android
SQLite adalah embedded database karena hanya menggunakan memori sekitar 250KB tetapi bisa menyediakan fasilitas relational DBMS termasuk  perintah SQL. Referensi lengkap SQLite dapat dilihat di http://www.sqlite.org , SQLite tidak hanya digunakan di Android tetapi di aplikasi lainya. Setiap Aplikasi memiliki instance database tersendiri dan berbeda dengan shared preference,  tidak disediakan fasilitas agar aplikasi dapat membaca database aplikasi lain.
Untuk menggunakan SQLite kita harus menggunakan Class Helper untuk membuka, menutup database, menginisiasi tabel dan lainya.  Class Helper ini digunakan dalam melakukan upgrade struktur database pada saat aplikasi di-update. Class Helper ini diturunkan dari class SQLiteOpenHelper.
Untuk lebih jelasnya pembahasan Pembuatan Database SQLite, maka Kita Langsung buat saja sebuah Aplikasi sebagai contoh kita berinama “contohentridatabase”.
Adapun langkah-langkahnya  sebagai berikut :
1.       Jalankan Enclipse-Juno Pilih menu, File > New > Application Android Project
2.       Isikan Nama Project  pada isian berikut  ini :
·         Application Name            : contohentridatabase   {nama aplikasi yang dibuat)
·         Project Name                  :  contohentridatabase    {nama proyek}
·         PackageName                  : com.example.contohentridatabase  {nama paket]
·         Minimum Required SDK : (tidak usah dirubah) {minimum versi android
Bisa menggunakan }
·         Target SDK                     : (tidak usah dirubah)   {versi  android yang diset}
·         Compile with                   : (tidak usah dirubah)  {versi android yang meng-kompilasi}
·         Theme                            : (tidak usah dirubah)  {set  tampilan layar}



3.      Kemudian Klik Next…
4.      Kemudian akan terbuka window Configure Project (Konfigurasi Proyek) seperti berikut :
·         Create custom launcer icon : { icon untuk aplikasi (type: jpg,gif, png dan lain-lain}
·         Create Activity                     : { aktivitas yang akan dibuat pada aplikasi}
·         Create project in workspace: {area kerja (disk drive) untuk menempatkan proyek aplikasi}
Catatan : pada proses ini boleh dirubah atau kita biarkan saja.
Selanjutnya klik Next> saja setelah menyelesaikan konfigurasi pada proses diatas.

5.      Kemudian akan terbuka aplikasi yang akan kita dibuat bersamaan dengan dua file Java
dan xml.
6.      Contoh Aplikasi Entridatabase ini kita akan Belajar Bagaimana membuat Fungsi Create/Insert data, untuk memasukan data baru ke Database SQLite  dalam pembuatan Create/Insert  data ke Database SQLite ini ada beberapa Class  java  yang harus dipersiapkan yaitu :

a.      Barang.java
Kelas Barang berfungsi untuk mendefinisikan objek barang beserta fungsi-fungsi dan atribut-atributnya. Dan seperti barang pada umumnya barang mempunyai namaIDmerk  dan sebagainya.  Lihat Codedisini...
b.      DBHelper.java
Database  Helper berfungsi untuk memudahkan kita dalam membuat dan mengakses database SQLite yang akan dipakai oleh aplikasi. Kelas ini  berisi method-method berkaitan dengan manajemen database, seperti onUpgrade() dan onCreate().
Database Helper sebenarnya sudah ada kelasnya pada Android, yaitu bernama SQLiteOpenHelperSehingga kita tinggal meng-extends  kelas ini dari kelas SQLiteOpenHelper atau dengan kata lain melakukan pewarisan.
Kelas DBHelper.java kebanyakan berisi konstanta-konstanta seperti nama tabel, nama database, nama kolom, dan sebagainya. Hal ini untuk memudahkan kita nantinya. Dimana ketika ingin menggunakan konstanta tersebut, kita tidak usah lagi menulis nama tabel berulang kali, namun cukup dengan mengaksesnya dari kelas DBHelper.    Lihat code disini...
c.       DBDataSource.java
Kelas ini adalah sebuah Controller yang akan menyambungkan interface tersebut dengan database yang kita buat. Penjelasan rincinya yaitu :
cara kerjanya sebagai berikut pertama kita jelaskan  kelas CreateData.java. yang akan kita buat nanti, Apabila kita telah mengisi data barang dan mengklik tombol submit, data barang tersebut akan dikirim ke ControllerKemudian Controller akan menerima inputan data barang tersebut dan memasangkannya sesuai dengan nama kolom pada database menggunakan ContentValuesUntuk selanjutnya dimasukkan ke database.
Setelah dimasukkan datanya akan dicek kembali menggunakan SQL select yang mengembalikan data berupa CursorData Cursor tersebut kemudian akan diubah menjadi objek barang, dan dilemparkan lagi ke kelas CreateData untuk kemudian mengkonfirmasikan data apa saja yang  kita masukkan.
Lihat Code : disini..
d.      CreateData.java
Kelas CreateData berfungsi berfungsi untuk insert data atau create dataKelas ini berfungsi untuk menambahkan data barang baru ke database. Berikut ini daftar file-file yang akan kita buat untuk menangani Createdata adalah sebagai berikut :
·         MainActivity.xml : berfungsi untuk membuat sebuah layout main menu 
Pertama kita akan membuat kelas MainActivity  terlebih dahulu, karena itu kita butuh file layout-nya. Buka folder res/layout, dengan cara klik Kanan dan Pilih New-> Android Xml File, dan buat sebuah file xml baru dengan nama MainActivity.xml
Lihat code :   disini...
·         Data_create.xml : berfungsi sebagail layout untuk tampilan input data
Kelas ini berfungsi untuk menampilkan tombol “Create Data”, yang apabila kita klik akan berpindah ke Activity Create Data.  Namun kita akan membuat file xml layout-nya. Caranya Klik  folder res/layout  klik Kanan dan Pilih New-> Android Xml File , kemudian berinama data_create.xml :
Layout di atas berisi EditText yang berfungsi sebagai wadah inputan tiga buah informasi dasar, yaitu nama barang, merk barang dan harga barang, dan sebuah tombol submit di bawahnya. Setelah itu, kita akan buat Activity CreateData. Aktivitas ini berfungsi sebagai View dalam paradigma Model-View-Controller yang kita gunakan. Atau dengan kata lain kelas ini menyediakan sebuah interface untuk menambahkan barang. Langsung saja kita buat kelas baru bernama
Lihat code :  disini...
·         DBDataSource.java : berfungsi sebagai Controller, kelas inilah yang nantinya berguna untuk melakukan operasi-operasi pada database, termasuk operasi Create Data .
Lihat code :
·         CreateData.java : berfungsi sebagai View atau interface untuk memasukkan data atau Aktivitas ini berfungsi sebagai View dalam paradigma Model-View-Controller yang kita gunakan.
Lihat code :   disini..  

  • View Data.xml :  berfungsi sebagai Layout untuk menampilkan data dari database Sqlite , Lihat Code:  disini...
  • View Data.java berfungsi sebagai view atau interface untuk menampilkan data dari database Sqlite , lihat code :  disini..
7.      Android Manifest
Yang terakhir dalam pembuatan aplikasi android ini adalah memodifikasi Android Manifest. Kita pindahkan intent filter launcher nya ke Activity Main supaya aktivitas tersebut yang dijalankan pertama kali apabila aplikasi dibuka.
Lihat code :  disini..
8.      String.Value
String ini adalah  resource/sumber daya yang digunakan dalam class Java atau class xml, yang menghubungkan class java atau class xml dengan layout.
Lihat code :  disini..
9.       Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package > run as > android Application.
10.   Lihat hasilnya :

·         Layout  ”Menu Utama” atau MainActivity  pada saat Aplikasi tampil


·         Jika user meng-klik  “Create Data “ maka akan  dibawa ke Layout Crate Data  

·         Jika user meng-klik  “View Data “ maka akan  dibawa ke Layout View Data  

·         Jika user Edit/Delete : (still progress)

·         Jika user meng-klik  “Exit “ maka akan  kelur dari aplikasi 

0 comments:

Post a Comment