Membuat Database SQLite pada Eclipse di
Aplikasi Android
SQLite adalah
embedded database karena hanya menggunakan memori sekitar 250KB tetapi bisa
menyediakan fasilitas relational DBMS termasuk
perintah SQL. Referensi lengkap SQLite dapat dilihat di http://www.sqlite.org , SQLite tidak hanya
digunakan di Android tetapi di aplikasi lainya. Setiap Aplikasi memiliki instance database tersendiri dan berbeda
dengan shared preference, tidak disediakan fasilitas agar aplikasi
dapat membaca database aplikasi lain.
Untuk menggunakan SQLite kita harus
menggunakan Class Helper untuk membuka, menutup
database, menginisiasi tabel dan lainya.
Class Helper ini digunakan dalam melakukan upgrade struktur database pada saat
aplikasi di-update. Class Helper ini diturunkan
dari class SQLiteOpenHelper.
Untuk lebih jelasnya pembahasan Pembuatan
Database SQLite, maka Kita Langsung buat saja sebuah Aplikasi sebagai contoh
kita berinama “contohentridatabase”.
Adapun
langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Jalankan Enclipse-Juno Pilih menu, File
> New > Application Android Project
2. Isikan
Nama Project pada isian berikut ini :
·
Application Name : contohentridatabase {nama aplikasi yang dibuat)
·
Project Name : contohentridatabase {nama proyek}
·
PackageName :
com.example.contohentridatabase {nama paket]
·
Minimum Required SDK : (tidak
usah dirubah) {minimum versi android
Bisa menggunakan }
·
Target SDK :
(tidak usah dirubah) {versi
android yang diset}
·
Compile with :
(tidak usah dirubah) {versi android yang meng-kompilasi}
·
Theme :
(tidak usah dirubah) {set tampilan layar}
3. Kemudian
Klik Next…
4. Kemudian
akan terbuka window Configure Project (Konfigurasi Proyek) seperti berikut :
·
Create custom launcer icon : { icon untuk
aplikasi (type: jpg,gif, png dan lain-lain}
·
Create Activity : { aktivitas yang akan dibuat pada
aplikasi}
·
Create project in workspace: {area kerja
(disk drive) untuk menempatkan proyek aplikasi}
Catatan : pada
proses ini boleh dirubah atau kita biarkan saja.
Selanjutnya klik Next> saja setelah menyelesaikan konfigurasi pada
proses diatas.
5. Kemudian
akan terbuka aplikasi yang akan kita dibuat bersamaan dengan dua file Java
dan xml.
6.
Contoh
Aplikasi Entridatabase ini kita akan Belajar Bagaimana membuat Fungsi Create/Insert data,
untuk memasukan data baru ke Database SQLite dalam
pembuatan Create/Insert data ke Database SQLite ini ada beberapa Class java yang harus
dipersiapkan yaitu :
a. Barang.java
Kelas Barang berfungsi untuk mendefinisikan objek barang beserta fungsi-fungsi
dan atribut-atributnya. Dan seperti barang pada umumnya barang mempunyai nama, ID, merk
dan sebagainya. Lihat Code
: disini...
b. DBHelper.java
Database Helper berfungsi untuk
memudahkan kita dalam membuat dan mengakses database SQLite yang akan dipakai
oleh aplikasi. Kelas ini berisi
method-method berkaitan dengan manajemen database, seperti onUpgrade() dan
onCreate().
Database Helper sebenarnya sudah ada kelasnya pada
Android, yaitu bernama SQLiteOpenHelper. Sehingga kita tinggal meng-extends kelas ini dari kelas SQLiteOpenHelper atau dengan kata lain melakukan
pewarisan.
Kelas DBHelper.java kebanyakan berisi
konstanta-konstanta seperti nama tabel, nama database, nama kolom, dan
sebagainya. Hal ini untuk memudahkan kita nantinya. Dimana ketika ingin menggunakan
konstanta tersebut, kita tidak usah lagi menulis nama tabel berulang kali,
namun cukup dengan mengaksesnya dari kelas DBHelper. Lihat code: disini...
c. DBDataSource.java
Kelas ini adalah sebuah Controller yang
akan menyambungkan interface tersebut dengan database yang kita buat.
Penjelasan rincinya yaitu :
cara kerjanya sebagai berikut pertama kita jelaskan kelas CreateData.java. yang akan
kita buat nanti, Apabila kita telah mengisi data barang dan mengklik tombol
submit, data barang tersebut akan dikirim ke Controller. Kemudian
Controller akan menerima inputan data
barang tersebut dan memasangkannya sesuai dengan nama kolom pada database
menggunakan ContentValues. Untuk selanjutnya
dimasukkan ke database.
Setelah dimasukkan datanya akan dicek kembali menggunakan SQL select yang
mengembalikan data berupa Cursor. Data Cursor tersebut kemudian akan diubah
menjadi objek barang, dan dilemparkan lagi ke kelas CreateData untuk
kemudian mengkonfirmasikan data apa saja yang kita masukkan.
Lihat Code : disini..
d. CreateData.java
Kelas CreateData berfungsi berfungsi untuk insert
data atau create data. Kelas
ini berfungsi untuk menambahkan data barang baru ke database. Berikut ini
daftar file-file yang akan kita buat untuk menangani Createdata adalah sebagai
berikut :
·
MainActivity.xml : berfungsi
untuk membuat sebuah layout main menu
Pertama kita akan membuat kelas MainActivity terlebih dahulu, karena itu kita butuh
file layout-nya. Buka folder res/layout,
dengan cara klik Kanan dan Pilih New-> Android Xml File, dan buat sebuah file xml baru
dengan nama MainActivity.xml
Lihat code : disini...
·
Data_create.xml : berfungsi
sebagail layout untuk tampilan input data
Kelas
ini berfungsi untuk menampilkan tombol “Create Data”, yang apabila kita klik
akan berpindah ke Activity Create Data. Namun kita akan membuat file xml layout-nya.
Caranya Klik folder res/layout klik Kanan dan Pilih New-> Android Xml File
, kemudian berinama data_create.xml :
Layout di atas berisi EditText yang berfungsi
sebagai wadah inputan tiga buah informasi dasar, yaitu nama barang,
merk barang dan
harga barang, dan
sebuah tombol submit
di bawahnya. Setelah itu, kita akan buat Activity
CreateData. Aktivitas ini berfungsi sebagai View dalam
paradigma Model-View-Controller yang
kita gunakan. Atau dengan kata lain kelas ini menyediakan sebuah interface
untuk menambahkan barang. Langsung saja kita buat kelas baru
bernama
Lihat code : disini...
·
DBDataSource.java : berfungsi
sebagai Controller, kelas inilah yang nantinya
berguna untuk melakukan operasi-operasi pada database, termasuk operasi Create
Data .
Lihat code :
·
CreateData.java : berfungsi
sebagai View atau interface untuk
memasukkan data atau Aktivitas
ini berfungsi sebagai View dalam paradigma
Model-View-Controller yang kita gunakan.
7.
Android
Manifest
Yang terakhir dalam pembuatan aplikasi android ini adalah
memodifikasi Android Manifest. Kita
pindahkan intent filter launcher nya ke Activity Main supaya aktivitas tersebut
yang dijalankan pertama kali apabila aplikasi dibuka.
Lihat code : disini..
8.
String.Value
String ini adalah resource/sumber
daya yang digunakan dalam class Java atau class xml, yang menghubungkan class
java atau class xml dengan layout.
Lihat code : disini..
9. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package > run as > android
Application.
10. Lihat hasilnya :
·
Layout ”Menu Utama” atau MainActivity
pada saat Aplikasi tampil
·
Jika user meng-klik “Create Data “ maka akan dibawa ke Layout Crate Data
·
Jika user meng-klik “View Data “ maka akan dibawa ke Layout View Data
·
Jika user Edit/Delete : (still progress)
·
Jika user meng-klik “Exit “ maka akan kelur dari aplikasi
0 comments:
Post a Comment